Thursday, 13 Jun 2024
Home
Search
Menu
Share
More
Admin on Kesehatan
4 Jun 2024 05:15 - 2 minutes reading

Cegah Cantengan, Rasa Sakit yang Tak Tertahankan di Jempol Kaki

Cantengan, sebuah kata yang mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, bagi mereka yang pernah mengalaminya, kata ini tak ubahnya seperti mimpi buruk.

Cantengan adalah kondisi peradangan pada kuku jempol kaki yang disebabkan oleh pertumbuhan kuku yang menusuk ke dalam daging.

Cantengan, atau paronychia, infeksi pada lipatan kulit di sekitar kuku. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh pertumbuhan kuku yang menusuk ke dalam daging di sekitar kuku.

Penyebab cantengan bisa bermacam-macam, seperti memotong kuku terlalu pendek, memakai sepatu yang terlalu sempit, trauma pada kuku, atau kebiasaan menggigit kuku.

Rasa sakitnya tak tertahankan, bagaikan ditusuk-tusuk jarum kecil, dan bisa membuatmu kesulitan berjalan, bahkan memakai sepatu.

Jika mengalami hal seperti ini, rasa sakit yang tajam dan berdenyut di sekitar kuku jempol kaki. Kemerahan, bengkak, dan bernanah di sekitar kuku. Hingga, kuku jempol kaki tampak bengkak dan kemerahan.

Tapi jangan khawatir! Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mencegah cantengan dan menjaga kesehatan jempol kakimu.

  1. Potong kuku dengan benar

Potong kuku jempol kaki lurus, tidak terlalu pendek, dan hindari memotong sudut kukunya.

  1. Pilih sepatu yang pas

Gunakan sepatu yang pas dan nyaman di kaki. Hindari memakai sepatu yang terlalu sempit atau terlalu longgar.

  1. Jaga kebersihan kaki

Cuci kaki dengan sabun dan air hangat setiap hari. Pastikan untuk mengeringkan kaki dengan benar, terutama di sela-sela jari kaki.

  1. Hindari kebiasaan menggigit kuku

Menggigit kuku dapat melukai kutikula dan meningkatkan risiko cantengan.

  1. Gunakan pelembab

Gunakan pelembab pada kaki secara teratur untuk menjaga kelembutan kulit dan mencegah retakan pada kuku.

  1. Perhatikan tanda-tanda infeksi

Jika kamu melihat tanda-tanda infeksi pada kuku jempol kaki, seperti kemerahan, bengkak, atau bernanah, segera periksakan diri ke dokter.

Menjaga kesehatan jempol kaki memang penting, bukan hanya untuk mencegah cantengan, tetapi juga untuk meningkatkan kenyamanan dan mobilitas.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat menjaga jempol kakimu tetap sehat dan terhindar dari rasa sakit cantengan yang tak tertahankan.