Thursday, 13 Jun 2024
Home
Search
Menu
Share
More
Admin on Olahraga
4 Jun 2024 05:13 - 4 minutes reading

Preview Portugal vs Finlandia: Mengasah Senjata

Portugal akan melakoni uji coba kontra Finlandia di Estadio Jose Alvalade., Lisbon, dini hari nanti. Ini arena menguji senjata untuk Piala Eropa 2024.

Dengan genderang perang EURO 2024 sudah ditabuh 10 hari ke depan, pertandingan uji coba ini akan sangat penting artinya. Selain mengecek pemain dan kekompakan mereka, ini juga kesempatan mempersiapkan taktik dan strategi sebelum ke  Jerman.

Duel kontra Finlandia ini menjadi pertandingan pertama dari tiga laga persiapan yang sudah diagendakan Portugal. Setelah ini, mereka akan menjajal Kroasia pada 8 Juni, lalu Republik Irlandia tiga hari kemudian.

Untuk Piala Eropa kali ini, Pelatih Portugal, Roberto Martinez sudah memanggil 26 pemain. Semuanya sudah tiba di Cidade do Futebol, termasuk Cristiano Ronaldo dan Rúben Neves, yang masih bertanding Jumat lalu di Saudi Arabia  dan harus absen di latihan pertama.

Selain CR7 dan Neves, dalam skuat pilihan Martinez juga ada nama-nama tenar seperti Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Rafael Leao, Joao Felix, Diogo Jota, Pepe, Ruben Dias, Joao Cancelo, hingga Diogo Dalot.

“Kami ingin menciptakan tim terbaik dan memanggil 26 pemain yang membentuk tim terbaik. Kami memantau performa individu para pemain dan peran yang mereka miliki di ruang ganti,” kata Roberto Martinez soal pilihan skuatnya dikutip dari Goal.

Khusus terkait Ronaldo, sang pelatih menegaskan sulit untuk mengabaikannya. Menurutnya, statistik gol kapten Portugal itu menunjukkan dia masih layak memimpin lini serang mereka.

“Saya pikir lebih baik berbicara tentang statistik. Seorang pemain yang mencetak 42 gol dalam 41 pertandingan untuk klubnya menunjukkan kesinambungan, kemampuan fisik untuk selalu fit dan kualitas di depan gawang yang sangat kami sukai dan kami perlukan,” tegasnya.

Pada laga terakhir, Portugal kalah 0-2 menghadapi Slovakia. Itu menjadi kekalahan pertama Portugal di bawah kendali Martinez yang menyapu bersih 10 laga kualifikasi Piala Eropa  2024 mereka.

Namun, Martinez mengaku tidak mengkhawatirkan kekalahan itu Bagi dia, itu hanya pembelajaran agar mereka bisa mengetahui bagian-bagian yang perlu perbaikan sebelum duel sesungguhnya di Grup F EURO 2024 melawan Republik Ceko, Turki, dan Georgia.

Di kubu Finlandia, setelah kalah dari Wales di semifinal babak playoff Euro 2024, mereka akan absen di Jerman. Meski begitu, laga ini juga penting artinya bagi mereka.

Selain persiapan mereka menyambut UEFA Nations League pada awal September, pertandingan ini juga akan digunakan pelatih Markku Kanerva juntuk mencoba beberapa pemain barunya.

Markku Kanerva melakukan delapan perubahan dibandingkan skuat yang bermain di playoff Maret lalu. Itu karena nama-nama seperti Arttu Hoskonen, Jere Uronen, Daniel Håkans, Rasmus Schüller, Kaan Kairinen, Marcus Forss dan Fredrik Jensen mengalami cedera.

Pasukan Markku Kanerva yang akan menghadapi Skotlandia pada 7 Juni sedang dalam performa yang kuat setelah  memenangkan tiga dari empat pertandingan terakhir mereka. Termasuk kemenangan 2-1 atas Estonia pada pertandingan terakhir.

Jadi, ini bisa menjadi ujian yang bagus bagi Portugal. Apalagi, Markku Kanerva yang akan berakhir kontraknya pada Juni mendatang berharap bisa menjaga posisinya dan karena itu butuh hasil positif untuk lebih meyakinkan asosiasi.

“Masih menyakitkan karena kami tidak bisa melakukannya (lolos Piala Eropa 2024) di kualifikasi lanjutan di bulan Maret. (Tapi) Saya masih merasa termotivasi dan ingin melanjutkan. Ini adalah misi kehormatan,” ujarnya di Sporten.

Teemu Pukki dan beberapa pemain lainnya yang masih bertanding pada 1 dan 2 Juni terlambat bergabung. Namun, jika dianggap bugar, mereka akan tampil di laga ini. Khusus lini depan, Pukki diprediksi akan tetap berduet dengan Joel Pohjanpalo.  Pemain berpengalaman lainnya, Robin Lod akan menopang mereka dari lini tengah.

Situasinya sama untuk Portugal. Jika dianggap siap, Ronaldo akan memimpin lini serang. Nama-nama seperti Rafael Leao, Cancelo, Pepe, Dalot, Bruno Fernandes, hingga Bernardo Silva juga kemungkinan besar akan jadi starter.

Kedua Negara sudah bertemu 10 kali sebelumnya. Portugal cukup superior dengan lima kemenangan berbanding satu keungulan Finlandia. Pada pertemuan terakhir 2011 silam, Portugal menang 2-0 di laga uji coba. (amr)

Prakiraan pemain

Portugal (4-3-3): Costa; Cancelo, Pepe, Dias, Dalot; Fernandes, Palhinha, Bernardo; Leao, Ronaldo, Jota

Finland (4-4-2): Hradecky; Alho, Tenho, Ivanov, Jensen; Lod, Kamara, Suhonen, Nissila; Pukki, Pohjanpalo

Head to head

29/03/11 Portugal 2-0 Finlandia

11/02/09 Portugal 1-0 Finlandia

21/11/07 Portugal 0-0 Finlandia

06/09/06 Finlandia 1-1 Portugal

27/03/02 Portugal 1-4 Finlandia

Lima pertandingan terakhir Portugal

17/10/23 Bosnia-Herzegovina 0 – 5 Portugal

17/11/23 Liechtenstein 0 – 2 Portugal

20/11/23 Portugal 2 – 0 Islandia

22/03/24 Portugal 5 – 2 Swedia

27/03/24 Slovenia 2 – 0 Portugal

Lima pertandingan terakhir Finlandia

18/10/23 Finlandia 1 – 2 Kazakhstan

18/11/23 Finlandia 4 – 0 Irlandia Utara

21/11/23 San Marino 1 – 2 Finlandia

22/03/24 Wales 4 – 1 Finlandia

27/03/24 Finlandia 2 – 1 Estonia

Perbandingan rangking

FIFA

Portugal: 61

Finlandia:

Peringkat liga UEFA

Portugal: 7

Finlandia: 37